Wednesday, January 21, 2009

asha skolah


udah 2 kali ini, asha resmi ikutan gabung Di TumbleTots Balikpapan.. jadwalnya hanya setiap sabtu *biar ayahbunda ikut nganterin* dan cuma 45 menit aja.. ngapain aja dskull?? yaa maen2 lah.. yg selalu jd inceran dan jagoannya asha mah cuma arena panjat2an aja.. wakakakak, soalnya sudah terlatih dirumah.. aunty-nya sampe takjub ngeliat asha cepet bgt klo disuruh manjat2an..


sejauh ini siy, udah lumayan ada yg beda dr asha.. sudah gag takut klo ktemu orang, even klo di kelas masih suka nempel sm emaknya *makanya jd susah klo mo ambil poto dikelas*.. kadang2 siy mau aja diajak aunty-nya, dgn syarat gw harus sembunyi dl.. klo dia liat gw, wihhh lgs deh ngabur ke arah gw.. ternyata masih jago kandang.. tp ternyata klo di lingkungan rumah, dia udh lebih berani.. udah mau nempel sama tetangga deket *lumayan, bs dititipin kesana*..


klo pas trial, sama sekali gag ada suaranya.. pas masuk kelas kmrn udah berani teriak2 gt.. udah susah duduk manis pas acara massage, maunya ngerebutin maenan terus.. yaa, br masuk 2 kali siy, jd blum banyak belajarnya.. yg gag enak mah, gw berasa jd aunty-nya gt, soalnya asha bawaannya nempel mulu, terpaksa gw yg ngarahin dia mau maen apa..


hehehe, keknya bener2 gag niat posting niy.. cerita kali ini seuprit dulu aja ya.. sampe ketemu dilaen kesempatan..



Labels:

|

Thursday, January 08, 2009

Kelabu di Awal Tahun


Awan duka menyambut kami di awal 2009.. banyak rencana yg udah kami buat untuk tahun 2009 mau ga mau akan ada yg berubah.. waktu bapak dan ibu terakhir kali ke balikpapan bulan nov kmrn, kita dah py rencana di bln maret untuk jalan2, dimulai dr surabaya-madiun-boyolali-solo-bandung, bapak pgn ngenalin asha ke sodara2nya, maklumlah bapak itu ga punya anak cewek dan berharap banget py cucu cewek.. tapi kita bisa bilang apa, bulan januari ini, demi mengantarkan orang yang paling kami sayang ke rumah abadinya, akhirnya kami mendadak pulang kampung.. yaa manusia emang hanya punya rencana tapi Allah jua yg berkehendak..

01 Januari

Gag ada yg aneh dipagi hari pas taun baru.. smlm baru bawa asha ke acara kantor, ga sampe jam 12 teng siy, cukup sampe jam 10 ajah abis makan2, maklum bawa bayi.. jam 00.00 kita kebangun krn denger jedar-jeder bunyi petasan dan kembang api..

Pagi2 ber-4 meluncur ke pasar klandasan, nyari persediaan buat dimasak dan dimakan.. rencana mau ke manggar nyari richeese batal karena takut toko2 pd tutup sementara persediaan bensin mobil menipis.. akhirnya abis dr pasar kita mutusin buat pulang.. pas mo ganti baju, nyempetin liat hape, lha kok ada miskol di hape ayah dan gw.. ternyata ibu yg miskol, belum sempet ngasih tau ayah, tiba2 tata teriak “ AYAH BURUAN TELPON YANG TI, YANG KUNG KECELAKAAN”.. boo’ ayah yg lg siap2 mau nyuci mobil jd gag jd nyuci dan lgs telpon ibu.. rasanya denger kabar itu kek dihantam pake godam, gag tau kenapa kok perasaan dah ga enak aja.. kabarnya simpang siur, krn berita ttg bapak jg didapet cm sepotong2..

Krn nunggu kabar yg gag jelas, ibu susah dihubungin, ayah akhirnya kembali nyuci mobil lg, dan gw bersiap2 mandiin asha.. br buka bajunya asha, tiba2 telpon ayah bunyi, dan ayah langsung terduduk ditanah sambil bilang dengan kerasnya “INNALILLAHi WA INNAILLAHI ROJIUN”.. akhirnya kabar yg tidak kami harapkan mampir juga ke telinga kami, diujung telpon ibu mengabarkan klo bapak sudah gag ada.. "Ton, BAPAK SEDO” begitu kata ibu.. dalam keadaan panik, asha gw serahkan ke tata, lgs gw meluk ayah yg lg duduk bengong.. akhirnya kita putuskan ayah pulang, dan sempet terjadi perdebatan gt, antara ngajak gw dan asha ato engga.. disisi ayah, ayah mau buru2 plg dan takut susah nyari tiket buat org 3.. disisi gw, ini kesempatan terakhir buat liat bapak.. akhirnya gw yg menang, gw ngotot pgn ikut pulang.. akhirnya mendekati jam 9, dgn panik mau nyiapin apa dl, gw lgs nurunin koper, nyiapin baju asha dan nitip pesenin tiket ke org kantor yg slalu stand-by di bandara.. alhamdulillah dapet pesawat yg jam 10.. blass, hari itu Cuma asha doank yg mandi, kita berdua gaya koboy gt, cm nyiapin asha doank, malah asha cm minum ASIP dr kulkas yg baru bentar diangetin.. jam stgh 10 lewat nyampe bandara, untungnya pesawat agak delay 15 menit.. stlh sempet ditahan di ruang boarding, krn ternyata tiketnya asha buat child bukan buat infant, jam 10.15 kita berangkat jg.. dan alhamdulillah lagi, pengalaman asha pertama kali naek pesawat ini bikin kita seneng, asha bener2 gag rewel dan bobok diperjalanan (begitupun dgn pulangnya, maen2 bentar trus bobok deh)..

Sampe sby jam stgh 11, dijemput sm tante susi dan dek din, lgs ngabur ke madiun.. sekali lg donk, gw terpaksa harus merah di jok belakang mobil sambil sembunyi di kursi gt.. abis buru2 banget siy, nggak ada kesempatan buat mampir2, krn ibu mau bapak dikuburkan dengan ditemani salah satu orang anaknya.. yaa, alhamdulillah sblm ashar, jam stgh 3 kami sampe madiun, saking buru2nya kami harus lari ke rumah dr jalan depan krn mobil gag bs masuk krn jalan menuju rumah ditutup.. alhamdulillah, kita ngeliat ibu tegar banget dan kita masih sempat sholat jenazah.. duhhh, ngeliat bapak terakhir kalinya, rasanya sedihhh banget.. hati ini iklash bapak kembali ke penciptanya, tp rasa kangen sama bapak akan slalu ada di hati kami..






Pre-story :

Sepertinya bapak udah menyiapkan segalanya sebelum kembali ke hadapan Penciptanya.. bapak sudah berpesan kepada ibu, kalo suatu saat bapak meninggal, bapak ga akan merepotkan ibu dan anak2nya.. bapak juga sudah melatih ibu jalan, agar ibu kuat menjalani ibadah haji insyallah ditahun 2010 nanti.. bapak juga sudah berpesan kepada dek arie, spy cari kerja dan cari istri di madiun aja, supaya ibu ga sendirian.. bahkan bapak berpesan kepada tante susi, supaya nanti bulan maret ngejemput asha di bandara.. dan kepada tetangga2nya, bapak bilang bulan maret pas asha dtg mau nunjukin ke tetangga cucu cewek satu2nya.. dan ternyata, bapak ingin merayakan ulang tahun pertama asha di madiun tgl 8 feb nanti yg ternyata bertepatan dengan 40 harinya bapak..

Cerita ibu : tgl 31 malem taun baru, tumben2nya bapak ngajakin ibu jalan.. sbnrnya ibu gag mau krn macet, tp bapak ngotot pgn beli bakso.. dijalan bapak ngegandeng ibu, tp ibu bilang “ihh isin aku koyo cah nom ae”.. trus bapak ngerangkul ibu, tp skali lg ibu mengibaskan tgn bapak.. yaa ibu pikir ini kok tumben2nya siy, biasanya jalan sendiri2 ini kok deket2an kek org pacaran.. bsk paginya sblm bpk berangkat sepedaan, bpk masih ngajak ibu buat jalan2 keliling komplek berdua, jalan kaki buat ngelatih ibu supaya kuat pas naek haji nanti.. bahkan sblm berangkat bapak nitip minta belikan parfum sama ibu, parfum yg sampe skrg akhirnya blum pernah dipake sama bapak.. terakhir pas mau nyekar sblm pulang ke bppn, ibu akhirnya menyemprotkan parfum itu ke kuburan bapak.. pssttt, sblm meninggal bapak jg sempet bilang ke ibu, "gmn nanti kmu klo jd janda".. pokoknya kt ibu banyak sekali hal2 yg sepertinya udh menjadi isyarat kepergian bapak, cm ya gag ditanggapin serius oleh ibu..

Kronologis : seperti biasa bapak sepedaan sm temen2 pensiunan ke dungus.. tapi biasanya bapak ga lewat jln depan rumah, janjian ngumpul di jalan besar, gag tau kenapa pagi itu bapak ngajakin temen2nya sepedaan lwt dpn rumah sblm ke dungus, bapak bilang “ Ini lho rumahku, nanti klo ada apa2 maen ke rumah ya”.. setelah turun dari dungus, arah mau pulang, seperti biasa bapak dan temen2nya mampir dulu ke warung buat selonjoran.. pagi itu bapak memesan teh anget dan makan tempe goreng.. sambil becandaan, temannya melihat bapak senderan di kursi, trus kok pas mereka guyonan, tiba2 denger bapak kayak ngorok gt, trus kok diem aja.. pas dideketin, di raba idungnya, lha kok nafasnya sdh ndak ada.. alhamdulillah, menurut kami bapak kembali dengan indah, tersenyum dan tenang..

Jd sebenernya bapak gag kecelakaan, dokter yg mem-visum memperkirakan bapak kena serangan jantung.. pdhl slama ini bapak check-up nya bagus2 aja dan emang ga punya penyakit jantung.. nah, ide melontarkan kata kecelakaan itu karena untuk mengelabui ibu dan eyang spy ga panik, soalnya mereka pan cm berdua aja dirumah, mana cewe2 smua pulak.. untungnya ibu punya tetangga yg tanggap, smua urusan kematian bapak lgs ditangani sama tetangga sekitar.. ibu sempet kalap juga, waktu sedang masukin baju2 bapak buat dibawa ke rumah sakit yg kirain krn kecelakaan, lha kok para tetangga berdatangan trus ngangkat2in kursi keluar rumah.. yaa ternyata emang bapak sudah ga ada..


BAPAK

Dari sebelum menikah sampe udh punya asha, bapak gag pernah berubah, selau baik dan sayang sm keluarganya.. gw sebagai anak mantu pun gag pernah diperlakukan berbeda.. pun waktu pertama kali ketemu, waktu gw minta ijin papah abis lebaran 2005 ke madiun.. dikereta menjelang turun di madiun gw dah deg2an bener, gimana ntar sikap keluarganya ayah.. eh pas dijemput di stasiun sm bapak, duhhh langsung deh perasaan itu ilang.. gw masih inget, waktu gw ksana pas masih tugas di ungaran, pulangnya gw dianter sama bapak dan ibu sampe ke kos2an.. setiap ketemu pun, setelah nyium tangan bapak, pasti deh dipeluk dan dicium sm bapak.. kangen pelukan hangat itu..

Belum lagi, taun lalu pas kelahiran asha, bapaklah yg selalu siaga – siap antar jaga—ke rumah sakit.. bapak juga yg ga henti2nya berdoa supaya kelahiran asha lancar.. bahkan sebelum gw ke rumah sakit, bapak membacakan al-fatihah di air putih yg mau gw minum.. aduhhh bapak, kenangannya banyak banget buat kami.. sampe smlm pun, gw dan ayah akhirnya mengangis lagi krn kangen bapak.. sekarang yg ditunggu bapak cuma doa dari anak2nya.. dan satu lagi tugas buat anak2nya adalah meng-hajikan bapak.. ayah sendiri kmrn sempet bilang smoga ada rejeki buat naik haji biar bisa meng-hajikan bapak.. aminnn.. tdnya siy klo bs salah satu anaknya bisa menggantikan bapak naik haji dan menemani ibu, ternyata skrg udh gag bs gitu, tabungan haji bapak dikembalikan dan jatah hajinya diberikan ke orang lain.. klo mau berangkat dua2nya, yaa hrs daptar ulang buat 2013, duhh lama bener ya.. yaa sudah meski kita kecewa, tp mau gmn lagi..

Ya Allah,
Orang yang sangat kami sayangi telah kembali menghadap-Mu
Sambutlah dia dengan kedua tangan-Mu
Bukakanlah pintu Surga-Mu untuknya
Dan Kekalkanlah dia didalamnya..
Aminnn..


05 januari

Ulang tahun ayah kali ini, masih diwarnai dengan rasa sedih.. gag tau knp biasanya asyah yg doyan banget makan, mendadak jd GTM alias gerakan tutup mulut.. yg namanya disuruh makan, ampuunn deh susah bener.. pdhl biasanya ayah itu gag disuruh aja, klo laper ngambil sendiri kok.. hehehehe.. pas ditanya mau apa, ya ayah gag mau apa2, ktnya masiih inget bapak.. hmm klo diliat2 mah, emang siy ayah itu kagum dan segan bgt sama bapak.. mungkin bagi ayah, bapak itu contoh panutan dan gambaran bapak yg teladan buat ayah.. jd kadang2 klo pas acara yasinan yg selama 7hari berturut2 digelar dirumah, ayah masih suka nangis.. katanya siy kangen bapak..

08 Januari

Selamat Ulang Bulan Asha.. duh anak bunda, bulan depan udh setaun euyyy… jd anak sholehah ya nak..

Labels:

|